Senin, 16 September 2019

MAKAM LELUHUR MENTERI LUAR NEGERI BELANDA, STEFANUS ABRAHAM BLOK

Di Waduk Prijetan/Krekah, Kedungpring - Lamongan terdapat sebuah makam Belanda, warga setempat menyebutnya makam Tuan Bligoor atau makam Londo Ireng. Menurut warga, Tuan Bligoor dulunya merupakan seorang petugas kontrol di Waduk Prijetan. Beliau mengabdi hingga akhir hayatnya, dan dimakamkan di area Waduk. Pada nisan makamnya tertulis nama JF A Dligoor yang lahir (GEB = Geboren) pada tahun 1860, dan meninggal (OVERL = Overleyen) pada tahun 1930. 

Makam Tuan Bligoor atau Makam Londo Ireng 

Makam Belanda, JF A Dligoor 

Dalam dokumen mengenai pembangunan Waduk Prijetan (dibangun tahun 1909 dan selesai serta diresmikan tahun 1917) disebutkan ada 4 insinyur yang terlibat dalam merancang serta membangun Waduk ini, mereka adalah Tuan Birman, Tuan Delos, Tuan Trong, dan Tuan Dliger. Nama terakhir dari keempat insinyur tersebut ada kemiripan dengan nama di nisan makam, yakni Dliger dengan Dligoor. Dan, Tuan Dliger sendiri diduga merupakan buyut dari Menteri Luar Negeri Belanda, Stefanus Abraham Blok. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FOLKLOR CANE BUKTI AIRLANGGA DAN GARUḌAMUKHA BERJAYA DI BUMI JANGGALA

Cerita tutur merupakan salah satu bentuk kearifan lokal. Tradisi menuturkan peristiwa sejarah sudah lama diperkenalkan oleh leluhur kita seb...