Kamis, 02 November 2017

KUNJUNGAN RAJA HAYAM WURUK KE TEMPAT SUCI KEAGAMAAN KAUM RSI DI GUNUNG PAWITRA/PENANGGUNGAN

Berdasarkan sumber data tekstual (prasasti atau susastra), 'Darmma' (tempat Suci Keagamaan) kaum 'Rsi' di lereng Gunung Pawitra/Penanggungan pernah dikunjungi oleh raja Hayam Wuruk. Kunjungan Raja Hayam Wuruk tersebut terberitakan dalam Kakawin Desyawarnana atau disebut juga Nagarakretagama karya mPu Prapanca pupuh 58 bait 1.

Candi Lurah di Gunung Pawitra/Penanggungan

Candi Naga II di Gunung Pawitra/Penanggungan

Demikian isi Kakawin Desyawarnana/Nagarakretagama pupuh 58 bait 1:
"...warnnan i sahnira riɳ jajawa riɳ padameyan ikaɳ dinunuɳ, mande cungran apet kalanön / numahas iɳ wanadeçalnöɳ, darmma karsyan i parçwanin acala pawitra tikaɳ pinaran, ramya nikan panunaɳ luralurah inikhötnira bhasa khiduɳ..."

"...diuraikan lagi seperginya beliau (Hayam Wuruk) dari Jajawa (candi Jawi) ke (desa) Padameyan berhenti di (desa) Cungrang mendapat keindahan masuk hutan rindang mengaguminya, darmma (tempat suci keagamaan) kaum Rsi di lereng gunung Pawitra/Penanggungan dikunjungi, tempat yang menawan memandang ke bawah jurang lembah dilengkapi dengan senandung kidung..." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FOLKLOR CANE BUKTI AIRLANGGA DAN GARUḌAMUKHA BERJAYA DI BUMI JANGGALA

Cerita tutur merupakan salah satu bentuk kearifan lokal. Tradisi menuturkan peristiwa sejarah sudah lama diperkenalkan oleh leluhur kita seb...